Minggu, 03 April 2011

Ndalem Joyokusuman


nDalem Joyokusuman difungsikan dan dikembangkan dengan konsep Open House. nDalem Joyokusuman dalam perkembangannya juga memberikan produk serta pelayanan kepada masyarakat serta wisatawan yang berkunjung ke tempat itu. Adapun pelayanan serta produk yang ditawarkan adalah sebagai berikut:

1. Wisata Kediaman nDalem Joyokusuman
Pada bagian ini, nDalem Joyokusuman memberikan pelayanan berupa pendampingan bagi wisatawan yang berkunjung. Pemandu yang ditugaskan untuk mendampingi wisatawan yang berkunjung akan mengantarkan wisatawan masuk ke dalam setiap ruangan yang diijinkan untuk dikunjungi, serta memberikan penjelasan mengenai nDalem Joyokusuman, Kasultanan Yogyakarta serta Kota Yogyakarta.


2. Fasilitas Ruang Meeting, Acara Sosial serta Keagamaan
Pendopo yang berada di bagian terdepan dari nDalem Joyokusuman juga bisa difungsikan sebagai ruangan meeting, acara-acara bertema sosial maupun keagamaan. 

3. Ethnic Digital Photography
Ethnic Digital Photography yang dikelola putri sulung GBPH H. Joyokusumo, RA. Nurhandhanie, merupakan studio foto pertama yang menggunakan unsur etnik dan budaya sebagai konsep dasar dalam pemotretannya. Pemilihan nama Ethnic sendiri merupakan cerminan dari konsep dasar Ethnic Digital Photography yang menyerap unsur etnik dan khasanah budaya tradisional Jogjakarta.

4. Royal Lunch & Dinner
Adanya ruang makan di dalam nDalem Joyokusuman juga menarik minat wisatawan untuk tidak sekedar melihat namun juga mencicipi masakan yang dihidangkan dari dapur nDalem Joyokusuman. Masakan-masakan khas jawa yang jarang bisa dinikmati di tempat lain dihidangkan dengan olahan bumbu serta menu istimewa. Selain itu, daya tarik bagi wisatawan yang memanfaatkan fasilitas dinner ini adalah adanya pertunjukan tari serta gamelan secara langsung yang mengiringi santap malam wisatawan.

5. Warung Serba Ada (WASERBA) dan Warung Internet (WARNET)
Mengingat banyaknya kebutuhan yang diperlukan wisatawan selama mengunjungi nDalem Joyokusuman, maka di sisi kanan Pendopo didirikan sebuah waserba serta warnet.

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan kirimkan komentar Anda!

Administrator