Minggu, 03 April 2011

Museum Sono Budoyo Unit II


Museum Sonobudoyo Unit II Dalem Condrokiranan Yogyakarta diresmikan pada tanggal 28 Oktober 1998 oleh Gubernur Kepala Daerah Istimewa Yogyakarta, Sri Sultan Hamengku Buwono X. Museum ini merupakan perluasan ruang pameran Museum Sonobudoyo yang terletak di jalan Trikora Nomor 6 Yogyakarta.

Wujud koleksi Museum Sonobudoyo Unit II Dalem Condrokiranan merupakan visualisasi etnografi Daerah Istimewa Yogyakarta. Para pengunjung dapat menikmati sajian pameran yang meliputi lukisan, lambang, peta, bank data, dan benda warisan budaya, serta dapat mengenali Yogyakarta secara umum.
Selain itu, terdapat empat unit bangunan ruang pameran tetap yang meliputi:

1. Ruang I (Alam, Lingkungan, dan Budaya)
Dalam ruang pamer ini disajikan informasi tentang flora dan fauna yang mewakili Daerah Istimewa Yogyakarta.
2. Ruang II (Sejarah dan Budaya)
Dalam ruang pamer ini disajikan informasi tentang sejarah, bahasa, pendidikan, organisasi social, serta peralatan hidup dan teknologi.
3. Ruang III (Kesenian)
Dalam ruang pamer ini disajikan informasi tentang kesenian tradisional dan modern yang hidup dan berkembang di Daerah Istimewa Yogyakarta. Untuk mempermudah pengunjung mengetahui lokasi dari jenis kesenian yang diketahui, pihak Museum menyediakan Peta Kesenian DIY.
4. Ruang IV
Dalam ruang pamer ini disajikan informasi tentang berbagai macam peralatan yang digunakan masyarakat Daerah Istimewa Yogyakarta, meliputi alat transportasi, wadah, makanan, pakaian, mata pencaharian hidup, dan religi.

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan kirimkan komentar Anda!

Administrator