Minggu, 03 April 2011

Kuliner Khas Kraton


Gadri Resto, Kuliner Khas Kraton Cetak. Ketika anda berwisata ke Jogjakarta, tidak lengkap rasanya jika anda tidak mencoba masakan khas Jawa. Tidak ada salahnya jika anda mencoba masakan kesukaan raja-raja Kraton Jogja. Saat ini, masakan khas Jawa kesukaan raja-raja kraton dapat dengan mudah anda temui di beberapa tempat di Jogjakarta. Salah satunya jika anda melewati Jalan Rotowijayan, anda akan menjumpai sebuah restoran dengan bangunan arsitektur khas Jawa. Merasa terkesan, saya mencoba masuk untuk menjawab rasa kagum saya.

Gadri Resto itulah nama restoran yang telah berhasil merebut perhatian saya. Ketika saya berada di restoran ini, suasana hangat ala kraton langsung menyambut saya. Arsitektur Jawa nan kental dengan sebuah museum yang menyimpan banyak benda pusaka dan bersejarah di dalamnya, membuat restoran ini terlihat semakin unik. Pelayanan yang ramah dan bersahaja turut menyertai kedatangan saya. Deretan menu masakan yang memikat dan bercita-rasa tinggi ala kuliner kraton langsung membangkitkan selera saya untuk mencobanya. Berbagai deretan pertanyaan saya lontarkan kepada para pelayan restoran ini. Saya tertarik akan nama-nama masakan yang ada di restoran ini.

Nasi Blawong, itulah nama masakan khas dari Gadri Resto. Nasi Blawong adalah masakan kesukaan Hamengkubuwono VIII dan IX. Nasi putih yang dicampur dengan aneka macam rempah-rempah ini menjadi lebih memikat selera ketika dimakan bersama pelengkapnya, yaitu daging lombok kethok, ayam goreng laos, dan telor masak pindang yang digoreng. Menu kombinasi ini tidak bisa anda temui di restoran lain. Menu lain yang tidak kalah menarik untuk anda coba antara lain adalah nasi Langgi dan nasi Punar. Sebagai menu penutup atau dessert, anda bisa mencoba Manuk Nom yang terbuat dari tape ketan ijo, susu cair, telor, kemudian dikukus dan disajikan bersama emping mlinjo sebagai pelengkap. Ada juga Prawan Kenes, yang terbuat dari pisang kepok kuning yang dibelah, diikat menggunakan daun pandan dan dijepit dengan bambu kemudian dikukus. Akan tetapi tidak lengkap rasanya jika anda belum mencoba minuman kesukaan HB IX, yaitu secang dan bir jawa.

Sedikit berbicara sejarah, Gadri Resto berdiri pada tahun 1984. Pendirinya adalah GBPH Joyokusumo, yang merupakan adik kandung dari HB X. Resep-resep yang tersedia di Gadri Resto adalah hasil kumpulan resep turun-temurun Kraton yang dikumpulkan dan dibukukan oleh BRAy. Hj. Nuraida Joyokusumo, istri dari Gusti Joyokusumo. Visi yang diangkat oleh pendiri Gadri Resto adalah untuk melestarikan resep-resep tradisional Jawa di tengah modernitas jaman.

Gadri Resto beralamat di JL. Rotowijayan no.5 Kraton, Yogyakarta, tepatnya di sebelah barat Kraton Jogja. Phone: +62274 – 373520, Fax: + 62274 – 380145

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan kirimkan komentar Anda!

Administrator